Thursday, July 19, 2018

Jasa Desain Rumah Tinggal Jogja

jasa desain rumah tinggal jogja

Jasa Desain Rumah Tinggal Jogja 08122697272 (Ardi) - Secara definisi, rumah adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal. Karena rumah digunakan sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu (biasa untuk jangka panjang), maka faktor kenyamanan dan keamanan harus diperhatikan.

Untuk tercapainya keamanan dan kenyamanan tersebut, maka dibutuhkan perencanaan yang sangat matang. Diperlukan arsitek dalam proses perencanaannya. Dengan perencanaan yang baik, maka akan diperhitungkan mulai dari atas sampai bawah bangunan.

Perencanaan rumah yang baik, harus sesuai dengan karakter penghuninya. Sebelum mulai perencanaan, sang arsitek harus tau karakter si penghuninya. Dengan tau karakter penghuninya akan mempermudah konsep apa yang akan diaplikasikan ke dalam desain rumah tinggal.

Konsep Desain Rumah Tinggal - Jasa Desain Rumah Tinggal Jogja

Ada banyak sekali konsep desain rumah tinggal, berikut kami Jasa arsitek jogja coba merangkum konsep-konsep tersebut seperti di bawah ini :

1. Kontemporer
Kontemporer dengan modern sangat berbeda. Kontemporer berawal pada awal tahun 1920 an yang di perkenalkan pertama kali di sekolah seni dan arsitektur Bauhaus School of Design yang berada di kiblat para teknik yaitu di Jerman. Dan berkembang pesat pada tahun 1940-1980 an.
Kontemporer merupakan gaya desain yang sedang trend pada masa sekarang atau bisa juga disebut up to date. Sedangkan konsep modern justru sebuah gaya yang muncul setelah era tradisional atau pra-industri.

Ciri khas dari konsep kontemporer adalah ada beberapa bagian yang melengkung yang memberikan kesan unik bagi ruangan di dalamnya dan memiliki jendela yang besar.

2. Klasik atau Romawi
Desain rumah klasik berkiblat pada gaya arsitektur Yunani atau Romawi Kuno. Biasanya konsep klasik ini dimiliki oleh rumah mewah karena konsep ini memiliki detail yang rumit di seluruh komponen bangunannya. Tidak sembarang tukang atau kontraktor yang bisa membangun bangunan berkonsep klasik ini.
Yang paling menonjol dari konsep klasik ini adalah pada bagian kolom atau tiang-tiang bangunan yang menjulang tinggi bergalur yang memberikan kesan kokoh, selain itu adalah komponen arsitektur seperti jendela dan pintu yang memiliki ukiran-ukiran yang rumit dan indah sehingga konsep ini memberikan kesan mahal dan mewah.

3. Mediteranian
Mediteranian memiliki bentuk yang elegan, klasik, dan mewah. Gaya arsitektur ini berkembang di negara Spanyol. Ciri khas rumah ini terletak pada dinding yang tebal atap yang miring dan pemilihan material bangunan yang bersifat alami seperti batu alam atau tanah liat yang digunakan pada dinding-dindingnya. Untuk jendela sendiri relatif kecil-kecil dengan ornamen sederhana disekeliling jendelanya.

4. Industrial
Seperti namanya, konsep ini mengusung bentuk yang tegas, tidak terlalu banyak ornamen, cenderung membiarkan bentuk asli dari material yang digunakan (tanpa finishing) dan biasanya menyatukan beberapa material seperti beton dengan baja yang dibiarkan terlihat jelas atau diekspose, struktur atap terlihat jelas, bahkan jaringan listrik juga dibiarkan terlihat jelas sehingga rumah tersebut terlihat seperti pabrik kecil yang dihuni.

jasa desain rumah tinggal jogja

5. Tradisional
Gaya arsitektur yang sedang naik daun. Dengan mengusung kesan tradisional dengan mengingat kenangan masa lalu di pedesaan maka gaya ini sangat cocok untuk diterapkan. Gaya rumah tradisional berbeda-beda mengikuti khas masing-masing daerahnya berdasarkan iklim dan geografisnya. Apalagi di Indonesia yang mempunyai puluhan rumah adat yang menampilkan gaya khas masing-masing daerahnya sesuai dengan kondisi di daerahnya seperti yang paling ngetrend adalah desain rumah jawa yang mengadopsi atap joglonya, desain rumah bali dengan bata ekspose nya, dan masih banyak lainnya dengan desain tradisional yang begitu indah.

6. Scandinavian
Gaya arsitektur yang paling digemari dan kekinian. Dengan didinasi warna cerah dan hangat. Penggunaan warna-warna pastel memberikan kesan sederhana ditambah dengan furniture atau desain interior yang hampir tanpa ornamen dan memasukan unsur alam ke dalam desainnya. Tidak banyak detail dan ornamen yang diterapkan pada konsep ini yang menunjukan unsur kesederhanaan.

7. Tropis
Konsep ini mengedepankan kesan natural dan memanfaatkan unsur alam di sekitar rumah itu sendiri. Pemanfaatan pencahhayaan dan penghawaan alami menjadi hal wajib bagi konsep ini 9dan konsep lainnya). Penggunaan material yang alami seperti kayu lebih dominan. Dan konsep ini lebih menyatu dengan alam di lingkungan tropis.

sumber : http://arsitekperencana.com/jasa-arsitek-rumah-mewah/

Jasa Desain Rumah Tinggal Jogja

Jika anda membutuhkan Jasa Arsitek untuk mendesain rumah tinggal anda yang berpengalaman dan profesional, maka anda dapat menhubungi kami di:

Telp. & WA 08122697272 (Ardi)

No comments:

Post a Comment