Pages

Tuesday, July 31, 2018

Jasa Desain Rumah Sakit Jogja

jasa desain rumah sakit jogja

Jasa Desain Rumah Sakit Jogja - Layanan kesehatan sangat penting bagi masyarakat umum. Karena kebutuhan akan kesehatan harus sangat diperhatikan.

Layanan kesehatan harus merata ke seluruh wilayah daerah perkotaan maupun daerah pelosok. Agar daerah tersebut bisa berkembang dan masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh untuk berobat ke luar kota. Untuk itu diperlukan pembangunan layanan kesehatan yang merata seperti klinik amupun rumah sakit yang lengkap.

Untuk rumah sakit sendiri diperlukan perlakuan khusus dalam perencanaan seperti layout bangunan, denah, sirkulasi, mekanikal, elektrikal dengan permasalahan yang komplek. Dibutuhkan penyelesaian dan solusi yang terbaik agar pembangunan rumah sakit bisa efisien dan terencana dengan baik.

Untuk perencanaan rumah sakit dibutuhkan perencana arsitek yang profesional dan berpengalaman dan memiliki tenaga ahli yang mengerti akan kebutuhan rumah sakit. Sehingga dengan perencana arsitek yang berpengalaman dan profesional dapat merencanakan pembangunan rumah sakit dengan baik.

Untuk mendesain rumah sakit dibutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kami akan membahasnya di bawah ini.

jasa desain rumah sakit jogja

Jasa Desain Rumah Sakit Jogja – Persyaratan Tata Bangunan Perencanaan Desain Rumah Sakit atau Klinik

Dikutip dari arsitekperencana.com, ada persyaratan tata bangunan rumah rumah sakit atau klinik yang harus dipenuhi, berikut jasa arsitek perencana desain rumah sakit merangkum persyaratan tersebut seperti di bawah ini :

  • Denah atau layout Bangunan
Denah bangunan rumah sakit biasanya berbentuk simetris, sederhana, dan sirkulasi pengguna yang sederhana untuk mengantisipasi terjadinya bencana atau mempermudah evakuasi apabila terjadinya keadaan darurat.

  • Bentuk Massa Bangunan
Dalam perencanaan Rumah Sakit atau bangunan apapun sangat diperhatikan pencahayaan dan penghawaan. Dengan memperhatikan pencahayaan alami akan bisa menghemat penggunaan lampu atau listrik dan penghawaan atau sirkulasi yang baik akan memberikan udara yang segar setiap harinya.

  • Tata Letak Bangunan (siteplan)
Tata letak bangunan rumah sakit terbagi menjadi beberapa zonasi dan saling terkait antar fungsi ruangan dengan pelayanan. Zonasi terbagi berdasarkan resiko penularan penyakit dan pemanfaatan tata ruang yang efektif berdasarkan fungsinya. Untuk aksesbilitas, harus diperhatikan kemudahan akses bagi penyandang cacat maupun lansia.

  • Fasilitas
Rumah sakit harus memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari tersedianya parkir kendaraan yang cukup dan proporsional, adanya apotek, ruang bedah, atm, kantin, sampai minimarket yang menjual perlengkapan pribadi untuk penghuni rawat inap.

Persyaratan Kehandalan Bangunan Perencanaan Desain Rumah Sakit atau Klinik

  • Persyaratan keselamatan struktur bangunan, kemampuan bangunan menanggulangi bahaya gempa, kebakaran, bahaya petir, bahaya kelistrikan.
  • Persyaratan instalasi gas medik, instalasi uap dan instalasi bahan bakar gas.
  • Persyaratan sistem ventilasi, pencahayaan, instalasi air, instalasi pengolahan limbah, dan bahan bangunan.
  • Persyaratan kenyamanan ruang gerak dan hubungan antar ruang, kenyamanan termal, kenyamanan terhadap tingkat getaran dan kebisingan.
  • Persyaratan tanda arah (signage), koridor, tangga, ram, lift, toilet dan sarana evakuasi yang aman bagi semua orang termasuk penyandang cacat dan lansia.

Jasa Desain Rumah Sakit Jogja atau Konsultan Arsitek Perencanaan Desain Rumah Sakit

Dari beberapa persyaratan di atas, yang perlu diperhatikan adalah kehandalan bangunan rumah sakit atau klinik. Seperti struktur bangunan yang kokoh, pemilihan material, ketahanan bangunan dalam kebakaran, petir, gempa dan lain sebagainya, instalasi listrik, gas medik, instalasi uap, bahan bakar gas, penempatan tangga, ram, lift, toilet, tanda arah harus direncanakan dengan sangat baik, untuk itu sangat diperlukan jasa arsitek rumah sakit yang berpengalaman di dalamnya. Kami sangat profesional untuk menangani desain rumah sakit tersebut. Tidak hanya soal desain, tetapi kami akan memikirkan bagaimana membuat penghuni di dalamnya bisa nyaman, aman, dan selamat.

Untuk informasi detail tentang harga atau prosedur jasa arsitek rumah sakit atau konsultan arsitek rumah sakit, anda bisa menghubungi kami di :

Telp. & WA 08122697272 (Ardi)

No comments:

Post a Comment